Proses Daur Ulang Karton

Proses Daur Ulang Karton

Mendaur ulang limbah sangatlah penting, terutama untuk limbah kertas. Hal itu dilakukan agar tidak terlalu berlebihan dalam menggunakan kertas dan juga secara tidak langsung pengolahan daur ulang dapat mengurangi kerusakan pada hutan.

Salah satunya dengan mendaur ulang karton, dengan proses daur ulang tersebut dapat menghasilkan karton yang baru. Maka dari itu, disini kita akan membahas proses daur ulang karton, penjelasannya seperti dibawah ini:

  1. Tidak semua jenis kertas bisa didaur ulang, misalkan kertas yang mengandung bahan lilin atau plastik dan kertas yang memiliki permukaan licin, seperti majalah yang sudah dilaminasi, kertas foto dan lain sebagainya. Maka pisahkan jenis kertas tersebut dengan kertas yang dapat didaur ulang, seperti isi buku, kertas Koran, dan lain lain.
  2. Kemudian membuat pulp (bubur kertas), proses pembuatan pulp tersebut menggunakan mesin khusus. Cara kerja dari mesin tersebut ialah mencacah serta memisahkan serat dan lumpur yang siap cetak dan selanjutnya lakukan penambahan bahan perekat , pengikat serat, serta bahan pewarna. Penggunaan bahan perekat pada proses daur ulang karton bertujuan agar mempermudah untuk menyesuaikan ukuran atau bentuk pada karton.
  3. Setelah pulp sudah siap, proses selanjutnya ialah mencetak karton yang dilakukan oleh mesin cetak. Cara kerja mesin tersebut adalah dengan membawa bubur kertas yang sudah jadi melalui felt/wire screen selanjutnya diproses menggunakan roll untuk memisahkan air dan bubur bahan pembuat karton.
  4. Apabila karton sudah menjadi bentuk lembaran karena telah dicetak, proses selanjutnya adalah pengeringan pada lembaran karton. Pengeringan tersebut bisa menggunakan bantuan panas matahari. Atau, bisa juga gunakan uap panas yang terkontrol.
  5. Setelah proses pengeringan, selanjutnya adalah meratakan permukaan karton. Proses perataan tersebut juga menggunakan mesin khusus. Cara kerja mesin tersebut dengan melakukan pressing pada permukaan karton hingga menjadi rata. Apabila karton tersebut dirasa sudah padat dan rata, proses selanjutnya ialah finishing dengan melakukan pemotongan karton pada mesin pemotong kertas.
  6. Karton yang sudah diolah tersebut dipotong atau dibentuk sesuai dengan ukuran yang diinginkan atau sesuai pemesanan. Pemotongan ini dilakukan dengan maksud agar sisi sisi karton menjadi lebih rapi.
Baca juga:  25 Contoh Kerajinan Tangan Dari Karton

Namun tidak semua jenis karton bisa didaur ulang, contohnya kemasan box makanan yang terkena minyak. Kemasan karton tersebut tidak bisa didaur ulang, namun masih bisa dijadikan untuk kompos.

Karton yang tidak digunakan sangat bermanfaat untuk didaur ulang, dengan melewati proses daur ulang karton diatas, akan menghasilkan karton yang baru. Dan juga, dengan mendaur ulang karton dapat mengurangi sampah serta pohon yang harus ditebang guna pembuatan bubur kertas.