Perbedaan Laminasi Glossy Dan Doff Yang Perlu Diketahui

Perbedaan Laminasi Glossy Dan Doff Yang Perlu Diketahui

(source: solusi.printing)

Perbedaan Laminasi Glossy Dan Doff Yang Perlu Diketahui

Mungkin bagi orang yang bekerja di dunia percetakan sudah tidak asing lagi dengan istilah laminasi. Apa itu laminasi? Laminasi merupakan proses pelapisan pada kertas yang menampilkan efek mengkilap atau sedikit buram.  Biasanya aplikasi laminasi ini digunakan untuk mencetak undangan, kartu nama, katalog, company profile, dan masih banyak lagi. Lapisan laminasi ini bertujuan untuk menampilkan hasil cetakan yang lebih bagus, selain itu juga menjaga warna agar tidak mudah pudar dan lapisan laminasi ini tahan air.

Ada 2 jenis laminasi yang biasanya digunakan dalam mencetak, yakni laminasi glossy dan doff. Laminasi glossy dan doff sangat berbeda terutama dari hasil cetakannya. Berikut ini kami akan uraikan perbedaan laminasi glossy dan doff yang perlu diketahui :

  1. Laminasi glossy

Jika anda mencetak menggunakan laminasi glossy, cetakan yang dihasilkan terang dan berkilau. Hasil cetakan laminasi glossy memantulkan lebih banyak cahaya dan warna yang dihasilkan lebih baik karena sifatnya yang mudah menyerap tinta. Kertas yang sudah dilaminasi glossy menghasilkan permukaan yang licin. Hasil cetakan glossy menimbulkan kesan mewah dan bagus. Laminasi glossy sering digunakan untuk mencetak kartu nama, undangan, cetak foto, brosur. Ketika melapisi kertas menggunakan lapisan laminasi glossy tidak dianjurkan sering tersentuh oleh tangan, lebih baik diamkan hasil cetakan beberapa menit sampai proses cetak telah selesai baru anda bisa untuk memegangnya karena apabila hasil cetakan belum kering sepenuhnya dan dipegang, sidik jari akan menempel pada hasil cetakan dan hasilnya akan jelek. Laminasi glossy juga mudah terlipat jadi sebaiknya susun hasil cetakan dengan hati-hati.

  1. Laminasi doff

Berbeda dengan hasil laminasi glossy yang memberikan kesan terang berkilau, laminasi doff ini menghasilkan cetakan agak buram dan permukaan yang kasar. Namun penggunaan laminasi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan pada hasil cetakan, sehingga hasil cetakan lebih tahan lama. Kelebihan dari laminasi doff ini ialah anda dapat menyentuhnya tanpa khawatir meninggalkan sidik jari pada hasil laminasi. Laminasi ini biasa digunakan untuk mencetak undangan ataupun kartu nama, meskipun hasil yang dicetak tidak semewah laminasi doff namun hasil cetakan laminasi doff tidak kalah bagus.

Baca juga:  7 Tips Memilih Kemasan Berkualitas

Sebelum anda menggunakan laminasi glossy ataupun doff ada baiknya anda ketahui dulu cara penggunaan kedua laminasi tersebut untuk menghasilkan cetakan yang berkualitas dan sesuai harapan. Berikut cara penggunaan laminasi glossy dan doff:

  • Apabila anda ingin mencetak cover buku, ada baiknya gunakan laminasi glossy. Mengapa? Karena laminasi glossy mempunyai sifat mudah untuk dilipat. Sebenarnya bisa juga menggunakan laminasi doff namun cetakan yang dihasilkan kurang memuaskan karena laminasi doff memiliki sifat sulit dilipat dan gambar yang dihasilkan mudah pecah.
  • Sebaiknya gunakan laminasi glossy dan doff pada kedua sisi kertas yang akan dicetak hal ini bertujuan agar tidak ada lengkungan pada kertas hasil cetakan dan juga menjaga tinta cetakan agar tetap pekat dan warnanya dapat tahan lama.
  • Selain memberikan kesan klasik dan eksotis, laminasi doff memiliki kelebihan lain yaitu mengurangi resiko akibat goresan karena efek laminasinya yang kasar.
  • Laminasi glossy atau doff akan menambah tingkat ketebalan dan kekakuan kertas. Maka dari itu pilihlah kertas dengan gramasi yang tepat agar ketebalan kertas tetap sempurna setelah dilakukan laminasi.
  • Jika anda menggunakan laminasi doff pastikan desain gambar dan warnanya terlihat jelas setelah dilaminasi, karena adanya kesan buram pada laminasi doff.
  • Baik laminasi glossy maupun doff yang akan dilapisi menggunakan dua sisi tidak dapat dijadikan satu jika menggunakan lem biasa.

Hasil cetakan dari laminasi glossy dan doff sama bagusnya, namun jika ingin mencetak anda harus pikirkan hasil cetakan bagaimana yang anda inginkan. Jika anda ingin kesan mengkilap dan mewah anda bisa gunakan laminasi glossy. Sedangkan jika anda menginginkan kesan klasik dan eksotis anda gunakan laminasi doff. Kedua laminasi tersebut memiliki kelebihan tersendiri yang dapat anda gunakan untuk hasil cetakan yang anda inginkan.

Baca juga:  Kemasan Makanan Box yang Menarik

Semoga informasi mengenai perbedaan laminasi glossy dan doff dapat bermanfaat bagi anda.