7 Tips Memilih Kemasan Berkualitas

7 tips memilih kemasan berkualitas

Bagi anda yang memiliki produk tentu dibuat pusing mengenai kemasan untuk produk yang akan dijual. Anda mungkin bingung harus bagaimana untuk memilih kemasan yang cocok untuk produk anda.

Kemasan sendiri memiliki fungsi untuk melindungi produk yang ada didalamnya, selain itu kemasan juga digunakan sebagai identitas untuk produk agar pembeli bisa langsung tahu bahwa itu produk anda.

Anda tidak bisa asal memilih dalam hal kemasan, karena tentunya akan berakibat pada produk didalamnya. Oleh sebab itu dalam memilih kemasan sebaiknya anda pilih kemasan yang tepat dan berkualitas.

Apabila kemasan kurang tepat dan tidak berkualitas bisa jadi produk yang sudah melewati proses produksi cepat kadaluarsa sebelum waktunya atau mengakibatkan kerusakan pada produknya.

Maka dari itu anda harus lebih teliti dalam memilih produk sebelum kemasan digunakan, berikut merupakan tips memilih kemasan berkualitas:

Sesuaikan ukuran produk dengan kemasan

Sebelum produk anda akan dikemas, ada baiknya anda menyesuaikan terlebih dahulu ukuran produk dengan kemasan. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Usahakan berikan sedikit ruang kosong pada kemasan untuk produk. Hal ini bukan bertujuan agar produk terlihat besar, melainkan untuk menghindari kerusakan pada produk apabila kemasan terlalu penuh. Pada umumnya perusahaan kemasan akan menyediakan berbagai ukuran kemasan yang dapat dipilih untuk produk anda.

Pilih jenis kemasan sesuai kebutuhan

Kemasan memiliki jenisnya masing-masing seperti, ada yang kertas, plastik, transparan, dan sebagainya. Maka dari itu, jika anda ingin membuat kemasan pada produk anda sesuaikan dengan kebutuhan produk tersebut. Misalkan jika anda ingin membuat produk sepatu, anda bisa gunakan karton box sebagai kemasannya. Selain pembuatannya yang mudah dan penggunaanya yang praktis, dengan kemasan tersebut produk akan memiliki nilai jual tersendiri.

Baca juga:  Prosedur Pembuatan Kardus

Tentukan material yang tepat

Sebelum memilih kemasan yang cocok, anda perhatikan dahulu material apa saja yang terkandung dalam pembuatan kemasan. Hal ini bertujuan agar produk yang ada didalamnya terjaga kualitasnya. Misalkan untuk kemasan makanan, gunakan kemasan yang kedap udara hal ini untuk menghindari terjadinya perubahan aroma atau rasa pada produk tersebut.

Pilih kemasan yang memiliki food grade

Ini bagi anda yang terjun dalam dunia kuliner, pastikan kemasan makanan yang akan anda gunakan memiliki standard food grade hal ini untuk menghindari  agar produk tidak tercampur dengan zat-zat berbahaya. Food grade sendiri adalah standard yang digunakan untuk menguji kelayakan bahan material yang digunakan untuk makanan.

Desain kemasan

Anda bisa mendesain kemasan semenarik mungkin, dengan menciptakan kemasan yang berbeda dan unik. Karena hal pertama kali yang biasanya dilihat oleh konsumen adalah kemasannya, maka dari itu anda bisa jadikan kemasan produk sebagai ciri khas untuk produk yang akan anda jual. Dalam mendesain sebuah kemasan sesuaikan terlebih dahulu dengan produk yang akan dijual. Misalnya jika anda membuat produk yang berhubungan dengan anak-anak anda dapat mendesain kemasannya sesuai kegemaran anak-anak seperti mobil-mobilan atau hewan

Ciptakan kenyamanan untuk konsumen

Pilihlah kemasan yang menurut anda jika digunakan akan memberikan kenyamanan kepada pembeli. Karena dengan itu akan memudahkan pembeli untuk menikmati produk tersebut. Misalkan jika anda membuat produk minuman, anda bisa gunakan botol sebagai kemasannya. Kemasannya yang praktis membuat konsumen mudah membawanya kemana saja, selain itu dengan menggunakan kemasan ini produk memiliki nilai jual tersendiri.

Pilih kemasan yang ramah lingkungan

Pilih kemasan yang ramah lingkungan, maksudnya gunakan kemasan yang dapat didaur ulang atau bisa digunakan kembali. Dengan begitu anda juga dapat ikut serta dalam menjaga lingkungan sekitar.

Baca juga:  Kegunaan Dari Kertas Hardboard

Tapi yang harus anda ingat adalah dalam membuat kemasan usahakan jangan sampai pengeluaran kemasan lebih banyak ketimbang pembuatan produknya, karena hal itu akan merugikan anda. Gunakan kemasan yang harganya terjangkau namun memiliki kualitas yang bagus maka dari itu anda harus lebih jeli lagi dalam memilih kemasan.

Dalam membuat kemasan jangan lupa sertakan informasi-informasi terkait dengan produk, misalkan tanggal kadaluarsa, cara penggunaan produk, dan lain sebagainya.

Semoga tips-tips diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply